Khaerul Umam, S.Ip, SE, M.Ag

Ketua Jurusan

Assalammu’alaiku. wr.wb

Program Studi Administrasi Publik FISP UIN Sunan Gunung Djati Bandung, merupakan program studi yang didirikan, sebagai jawaban dari pasar kerja yang memerlukan para tenaga kerja yang unggul dan kompetitif dalam bidang administrasi baik bidang kebijakan publik maupun keuangan publik, sekaligus memiliki pondasi ukhrawi yang seimbang.

Karena dengan itu, para tenaga kerja yang berasal dari Prodi Administrasi Publik FISIP UIN SGD Bandung, diharapkan dapat mendukung refomasi mental dalam pembangunan bangsa Indonesia, khususnya dalam bidang reformasi administrasi dan birokrasi.

Untuk mendukung pembantukan alumi yang unggul dan kompetitif dalam dunia kerja, kami memasukan mata kuliah yang seimbang, antara mata kuliah yang dibutuhkan dalam implementasi kerja bidang administrasi dan birokrasi, dan mata kuliah yang dibutuhkan sebagai pondasi kompetensi alumni dalam pembinaan akhlaq dan ilmu agama islam.

 

 

Para alumni kami, dituntut untuk memiliki kompetensi pendukung, yang diasah melalui mata kuliah yang menjadi pondasi utama yakni ilmu qur’an, ilmu hadist, ilmu fiqh, figh siyasah dan administrasi lembaga islam selain praktikum  dan kemampuan berbahasa asing yakni Bahasa arab (TOAFL minimal 400 untuk bahasa arab) dan Bahasa inggris (untuk Bahasa Inggris diharuskan memiliki score TOEFL minimum 500 atau IELTS minim 5,5), Hafal Minimal 1 Juz Al Quran, lulusan kami pun dituntut untuk menguasai beberapa praktek ibadah dalam keseharian agama islam. Hal tersebut, sebagai usaha kami untuk menjawab kebutuhan masyarakat, agar memilik administrator dan birokrat yang berakhlak karimahi namun tetap dapat berkompetisi dalam keahlian administrasi dan birokrasinya.

Demikian sambutan saya, mudah-mudahan situs ini dapat, memberikan informasi yang cukup bagi mahasiswa, dosen, staf dan masyarakat secara umum, tentang Administrasi Negara FISIP UIN SGD Bandung.

Wassalammu’alaikum.Wr.wb

Bandung,    2019