Mahasiswa Administrasi Publik UIN Bandung, Hasilkan 236 Policy Brief dalam 1 Bulan

Hasil PKL-D Angkatan 2017 AP FISIP Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung Patut Diapresiasi
Bandung,14 Juli 2020,

Wabah Covid-19 pada awal tahun 2020 sampai saat ini, tentunya membuat mahasiswa dan dosen perlu mengembangkan metode baru dalam melakukan Praktek Kerja Lapangan, yang biasanya dilakukan selama libur setelah semester genap (untuk mahasiswa semester 6).

Namun atas kebijakan Dekan FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung, maka Praktek Kerja Lapangan tahun ini dilakukan sescara Daring  (PKL-D), dengan mendorong mahasiswa untuk melakukan observasi dan kegiatan praktikum dari rumah, dan atau di daerah tempat tinggal mahasiswa masing-masing.

Inovasi yang dilakukan pada PKL-D tahun ajaran saat ini, seluruh mahasiswa harus melaporkan PKL-D nya dengan format laporan sesuai dengan format Policy Brief (Rekomendasi Kebijakan) berdasar pada temuan-temuan masalah dilapangan.

Berkat bimbingan dari para dosen PKL  secara daring, dan tentunya kreatifitas dari mahasiswa (khususnya angkatan 2017 / semester-6), PKL-D tahun ini dapat menghasilkan 236 (Duaratus Tiga Puluh Enam) Policy Brief. dengan komposisi : tidak kurang dari 53% mahasiswa memberikan policy brief berkaitan dengan Pemerintahan tingkat Desa/Kelurahan dan Kecamatan. Sisanya ada yang melakukan di tingkat Kota/kabupaten dan di lembaga pemerintah lainnya.

Yang menjadi prestasi tersendiri, setelah hasil evaluasi bersama pihak reviewer dari pihak ke-3, dari total keseluruhan 236 (policy brief), terdapat 88,6%  dianggap layak untuk diterbitkan, baik itu dalam bentuk buku (Ber ISBN /  E-ISBN) atau pun karya ilmiah lainnya.

Disamping itu, melalui PKL-D tahun ini, terdapat pergeseran kemampuan mahasiswa dalam penguasaan pembuatan Policy Brief dari yang hanya 11% menguasai teknik pembuatan policy brief, setelah dilakukan PKL-D dengan bantuan Dosen Pembimbing dan adapula materi teknik pembuatan policy brief dari Perkumpulan Inisiatif, dari 236 mahasiswa  beranjak drastis ke 96,2 % menguasai pembuatan Policy Brief (Berdasar Angket yang disebar oleh pihak prodi).

Adapun untuk meng-apresiasi kreatifitas dari mahasiswa, pihak prodi/jurusan akan membuat cetakan secara online (E-ISBN) seluruh tulisan, yang akan dibukukan menjadi 15 paket kumpulan Policy Brief, sekaligus pihak Jurusan/Prodi Administrasi Publik, akan memberikan paket kumpulan Policy Brief tersebut kepada pihak pemerintah yang berkaitan dengan konten policy brief yang dibuat oleh para mahasiswa.

Mudah-mudahan, seluruh masukan dari para mahasiswa yang khususnya untuk lembaga terkait dengan tulisan meraka, dapat diterima atau setidaknya dapat menjadi bahan pertimbangan bagi lembaga tersebut, sebagai bagian dari fungsi mahasiswa sebagai agen perubahan. (Admin/AP2020)

Sharing is Caring, Bagikan ini?