Ruang Ketua Prodi

Sambutan

Assalammu’alaikum. Wr. Wb, salam sejahtera untuk kita semua, mudah-mudahan selalu dalam lindungan Allah SWT. Jurusan / Program Studi (Prodi) Administrasi Publik FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yang lahir dari tahun 2007 ini, adalah salah satu Prodi yang paling diminati oleh para calon mahasiswa dari berbagai daerah. Perbandingan pendaftar dan yang diterima oleh prodi ini, tidak kurang dari 1:25 calon mahasiswa setiap tahunnya.
Alhamdulillah, dengan dukungan seluruh civitas akademika, kami telah menghasilkan lulusan yang diterima di dunia kerja serta memiliki komptensi sebagai Administrator Publik yang berakhlak Karimah. Hal inilah yang menjadi keungulan bagi kami, dibanding Prodi Administrasi Publik di Kampus lain.
Di Prodi kami, seluruh mahasiswa dituntut untuk mensinergikan kemampuan intelektualitas dan kemampuan secara spiritual. Hal ini didorong dengan mata kuliah keagamaan yang kami tanamkan sejak mahasiswa duduk di Semester 1. Bahkan di akhir perkuliahan, mahasiswa diwajibkan untuk hafal minimal 1 Juz al-Qur’an beserta maknanya.
Namun, meski kami mendorong mahasiswa berakhlakul karimah, kemampuan teoritis dan praktis di bidang Administrasi Publik, tentu  menjadi prioritas. Maka kamipun telah menerapkan Kurikulum berstrandar KKNI -DIKTI mulai tahun 2016 dengan Standar Kompetensi yang disesuaikan dengan SKKNI dari BNSP di bidang Analis Kebijakan Publik, Analis Keuangan Publik dan Perencana Pembangunan.
Terakhir kami membina mahasiswa agar pada saat meraih gelar S.AP, telah memilik kemampuan  bahasa inggris ( Score TOEFL minimum 500) dan kemampuan  berbahasa arab (score TOAFL minimum 400). Hal ini dalam upaya kami menjadikan Calon Lulusan Prodi Administrasi Publik dapat diterima di dunia kerja. Sekaligus dalam upaya kami mencapai visi kami untuk Menjadi jurusan yang unggul dan kompetitif dalam bidang Administrasi Publik  berbasis wahyu memandu ilmu dalam bingkai akhlak karimah di ASEAN tahun 2025.
Demikian prakata dari saya, mudah-mudahan segala niat dan upaya kita untuk turut serta membangun sumber daya manusia Negara Indonesia yang Unggul di tahun 2045, menjadi amalan ibadah bagi kita semua. Wassalammu’alaikum. Wr. Wb

Hormat saya,

ttd
Khaerul Umam, S.IP, M.Ag
Ketua Prodi

Ketua Prodi

Khaerul Umam, S.IP, M.Ag

umam@uinsgd.ac.id